Minggu, 02 Juli 2017

Tips Tips Merawat Jaket Kulit Asli dan Imitasi Dengan Baik Dan Benar

| No comment

Salah satu pakaian yang harus dirawat dengan sangat baik asalah Jaket kulit. Jika tidak, maka kualitas jaket tersebut akan menurun atau bahkan mengalami kerusakan. Nah, maka dari itu kali ini kami akan  mengulas cara merawat jaket kulit yang baik dan benar, baik itu kulit asli Garut ataupun kulit imitasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Tips  Mencuci Jaket Kulit

Jika jaket kulit sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari, maka pastinya jaket tersebut akan kotor dan harus dicuci. Nah, cara mencuci jaket ini tidak seperti mencuci baju lainnya yang harus direndam dengan deterjen lalu dibilas.

Cara mencucinya cukup dengan mengelap jaket tersebut menggunakan kainhalus yang telah dibasahi air. Setelah itu gantungkanlah di tempat yang agak panas namun tidak terkena sinar matahari. Ingat, jangan sekali-kali menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak bahan kulitnya.

Selain itu, jangan merendam jaket kulit dengan deterjen karena kulitnya bisa menegelupas ketika terkena reaksi kimia dari deterjen. Jangan pula membilas atau mencucinya di mesin cuci karena secara otomatis akan membuat jaket kulitnya mengkerut.

Langsung Jemur Jika Basah

Seringkali kita menggunakan jaket kulit ketika mengendarai sepeda motor sehingga terkadang sering kehujanan jika musim hujan telah tiba. Nah, jika jaket tersebut basah, segeralah jemur di tempat yang hangat atau cukup dianginkan saja agar cepat kering.

Jangan pernah menimbunnya atau menumpuknya bersama cucian kotor yang lain. Pasalnya, jaket kulit yang lembab dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan timbul jamur berupa bercak-bercak putih di permukaannya.

Akan tetapi jika jaket kulit tersebut sudah terlanjur berjamur, maka Anda dapat menggunakan cuka untuk menghilangkannya. Caranya, campurkanlah cuka dan air dengan perbandingan 1:1 lalu gosok dengan menggunakan kain halus ke daerah yang berjamur tersebut.

Jangan Menyemprotkan Parfum

Seperti disinggung di atas, jaket kulit sangat sensitif terhadap bahan kimia. Maka dari itu, cara merawat jaket kulit yang selanjutnya adalah dengan menghindarkannya dari berbagai hal yang mengandung bahan kimia. Selain deterjen dan pengharum cucian, parfum atau minyak wangi juga biasanya memiliki bahan kimia yang dapat merusak kulit jaket.

Cara Menyimpan jaket Kulit

Jaket kulit sebaiknya tidak disimpan dengan cara dilipat. Akan tetapi, cukup gantung saja di lemari atau di tempat lainnya. Ingat, jangan menyimpan jaket di tempat yang lembab karena akan mengundang jamur dan bau yang apek.

Cara Menghilangkan Lipatan

Salah satu masalah yang sering timbul pada jaket kulit adalah lipatan sehingga tampak kusut. Hal ini sebenarnya sesuatu yang wajar karena dengan seringnya pemakaian, maka jaket kulit akan sering tertarik dan tertekuk sehingga menimbulkan beberapa lipatan (creasing).

Namun ada satu trik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi lipatan tersebut. Caranya, gosokanlah lotion ke area lipatan tersebut secara lembut dan hati-hati. Lakukanlah secara berulang hingga lipatannya berkurang atau menjadi tersamarkan.

Solusinya cukup gampang tinggal menghaluskan bagian kulit jaket supaya tidak kaku dengan cara menggosokan lotion (cairan atau pelembab) pada bagian yang mengkerut lakukan secara hati hati dan berulang sehingga kondisinya membaik.

Cara Membersihkan Noda Yang Menempel

Terkadang secara tidak sengaja jaket kulit kita terkena noda yang sulit untuk dihilangkan, seperti spidol, tinta, dan lainnya. Nah untuk mengakalinya, kita bisa menutup noda tersebut menggunakan semir sepatu. Pilihlah warna semir yang sesuai dengan warna jaket kulit Anda.

Caranya cukup oleskan semir tersebut ke atas noda yang menempel tersebut secara merata. Setelah itu, diamkan hingga semirnya kering. Jika ingin kering lebih cepat, oleskanlah minyak goreng ke atasnya lalu gosok menggunakan kapas.

Cara Memperbaiki Resleting

Jika jaket kulit sudah berumur tua, biasanya sering terjadi masalah pada bagian resletingnya. Namun Anda tidak usah khawatir karena resleting yang macet tersebut dapat diperbaiki dengan lilin. Caranya oleskanlah lilin ke area resleting tersebut kemudian coba gerakan kembali kepalanya.

Namun jika cara tersebut tidak membuahkan hasil, maka tidak ada jalan lain selain membawanya ke tukang jahit terdekat. Pasalnya, bisa jadi kerusakan tersebut disebabkan oleh resleting yang sudah karatan atau masalah lainnya.

Mengatasi Jaket Kulit yang Kering dan Retak

Jaket kulit yang kering biasanya akan menimbulkan efek retak di beberapa area. Nah, agar retak-retak tersebut tidak meluas, Anda dapat mengoleskan lotion agar jaket kembali lembab. Jka tidak ada lotion, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Oleskanlah lotion tersebut secara menyeluruh dengan menggunakan kain halus. Namun jika keretakannya sudah parah dan terdapat di mana-mana, maka lebih baik bagi Anda untuk memperbaikinya ke ahli jaket kulit terdekat.

Cara Menjaga Kelembutan Jaket Kulit

Jaket kulit yang sering dipakai lama kelamaan akan berkurang kelenturannya sehingga menjadi sedikit kaku. Nah untuk menjaganya agar tetap lentur, oleskanlah lotion setiap sebulan sekali. Setelah itu diamkan selama satu jam lalu bersihkan kembali dengan kain halus. Cara ini juga sangat berguna untuk menjaga kelembutannya.

Mengatasi Warna yang Kusam

Jaket kulit yang sering terpapar sinar matahari pasti lama kelamaan akan memudar warnanya. Nah, agar warnanya cerah kembali, Anda dapat menggunakan cat khusus untuk jaket kulit. Dengan menggunakan cat tersebut maka jaket kulit Anda akan kembali cerah dan tampak seperti baru lagi.

Itulah beberapa cara merawat jaket kulit yang dapat Anda coba agar jaket kesayangan Anda tetap terlihat seperti baru. Tips dan trik di atas dapat Anda gunakan untuk jaket kulit asli sapi dan domba, atau jaket kulit imitasi, oscar, ataupun sintetis. Selamat mencoba dan baca terus tips trik dari kami yang lainnya.

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar