Minggu, 02 Juli 2017

Pengaturan Kalori Tenyata Bisa Bikin Panjang Usia

| No comment

Kelebihan Lemak ternyata  tidak bagus untuk kesehatan karena bisa menjadi sumber penyakit seperti sudah dibuktikan oleh beragam studi. Nah oleh sebab itu ketika kalori sebagai sumber lemak dibatasi, peneliti bisa melihat dampak jangka panjangnya adalah peningkatan usia hidup.

Dalam suatu percobaan  yang dilakukan oleh beragam spesies, pembatasan kalori dalam batas wajar terbukti dapat meningkatkan harapan hidup pada ragi, cacing, lalat, dan tikus. Terakhir studi yang dilakukan bersama oleh peneliti di University of Wisconsin dan National Institute on Aging juga telah membuktikannya pada empat monyet rhesus (Macaca mulatta).

Monyet rhesus sendiri adalah primata yang rata-rata diketahui memiliki harapan hidup maksimal 30 tahun. Namun pada studi yang dipublikasi di jurnal Nature Communications empat monyet rhesus yang mendapat perlakuan kontrol kalori mampu hidup sampai berusia 40 tahun.

Julie Mattison dari National Institute on Aging mengatakan diet kalori yang dilakukan pada monyet di dalam studi termasuk ketat sehingga kemungkinan sulit dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Studi dilakukan hanya untuk memahami bagaimana pembatasan kalori dapat berdampak pada penuaan sel-sel tubuh.

Tujuan utama kita adalah untuk meningkatkan kesehatan manusia," kata Julie seperti dikutip dari New Scientist.
Peneliti mengatakan pembatasan kalori tersebut mulai dilakukan ketika para monyet menginjak usia dewasa. Kalori penting untuk pertumbuhan sehingga bila makan para monyet sudah dibatasi sejak muda efek yang muncul malah sebaliknya.

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar